6 Cara Menjadi Pengusaha Muda Sejak Mahasiswa

Nah, di poin ini khusus buat kamu yang memutuskan menjadi pengusaha dalam bentuk barang yang bisa dijual belikan. Cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa – Barangkali kamu salah satu mahasiswa yang juga ingin menyandang standing menjadi seorang penguasa muda? Senada dengan Erwan, Ir Mas Agus Mardiyanto ME PhD, Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sarana Prasarana ITS, mendorong mahasiswa untuk memiliki bakat wirausaha. Pria kelahiran 16 Agustus 1962 di Blora tersebut juga turut menyoroti tantangan di period disrupsi yang cukup berat ini. “Tolong adik-adik mahasiswa mulai berpikir mau berwirausaha apa sekarang.

Mungkin banyak dari kita yang berpikiran menjadi PNS setelah lulus dari kuliah itu pekerjaan yang membanggakan. Akan tetapi lulusan kuliah seharusnya membuka peluang kerja bukan mencari lowongan kerja. Anda dapat memperoleh bisnis lain, mulai menargetkan pasar baru, perluas penawaran Anda, dan banyak lagi. Namun, tidak ada rencana pertumbuhan yang penting jika Anda tidak memiliki dua atribut kunci yang dimiliki oleh semua perusahaan yang sedang berkembang.

Langkah-langkah mahasiswa memulai wirausaha

Mengkalkulasi segala kebutuhan awal, serta memprediksi apa saja yang akan dapat terjadi menjadi sangat penting dan buatlah coretan diatas kertas agar dapat terorganisasi dengan benar. Perhitungan tersebut ada baiknya Anda lengkapi dengan insting, yaitu naluri dan daya pikir yang cermat. Sebagian besar kesuksesan seorang pengusaha didasari dengan insting yang hebat.

Diantaranya ada survey lokasi, survey konsumen, survey harga, dan lainnya. Masih banyak pemula dalam membangun bisnis bingung mencari cara dalam memulai bisnis. Sangat bagus jika niat yang besar sudah ada dalam seorang individual, namun niat saja tidak cukup. Dalam berbisnis diperlukan sedikit wawasan atau teori untuk memulai atau melakukannya.

Jika mereka memberimu lampu hijau, maka lanjutkan, jika tidak, terus cari ide yang menarik. Misalnya, ide yang dekat dengan duniamu dan teman-temanmu sebagai mahasiswa. Sebaliknya, apabila Anda memang sudah terkena pemutusan hubungan kerja atau dirumahkansampai batas yang belum Tembak ikan pasti, Anda memiliki keleluasaan waktu untuk menjalankan usaha baru secara lebih fokus. Namun, karena usaha baru ini menjadi tumpuan baru pendapatan sedang penghasilan rutin Anda tengah terpukul, pastikan Anda bijak menggunakan modal kerja sembari tetap serius menjalankannya.

Bertempat di Gedung SEKOPI The Breeze BSD, kegiatan dibuka dengan sambutan Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan yaitu Wahyu Hidayat, LC,MA dan dilanjutkan sambutan Manajer SEKOPI Bapak Ali Muhammad Daeng. Dengan gaya penyampaian yang komunikatif dan interaktif, pemateri yang merupakan CEO Kopi Tanah Air Kita ini menyampaikan bagaimana langkah-langkah dalam membangun sebuah usaha. Itulah 6 jurusan di perkuliahan yang sangat direkomendasikan jika memang seseorang ingin menjadi seorang pengusaha. Silahkan memilih sebuah jurusan yang memang paling sesuai dengan passion serta kemampuan sehingga nantinya bisnis dapat berkembang dengan lebih baik. Tindak lanjut dari Seminar Kewirausahaan ini adalah Tim PPK Fikom UBK dibantu oleh delapan panitia kegitan PPK Fikom UBK mendapatkan 15 tenant baru yang siap untuk dilatih dan dibina menjadi wirausaha muda. Saiman menyatakan faktor yang mempengaruhi seseorang untuk berwirausaha yaitu laba , kebebas , impian personal , dan kemandirian .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *