Agar Anak Tak Bosan Dan Bisa Belajar Di Rumah Saat Pandemi Corona

Written by Nitra on February 15, 2021 in LIP with no comments.

“Jangan-jangan dengan metode seperti ini yang membuat anak tidak terbiasa dan merasa malu . Atau jangan-jangan sebelumnya anak juga tidak terlalu aktif ketika di kelas,” ujar Auliya. Pelajaran yang semestinya didapatkan di sekolah secara teori, bisa disampaikan dari dalam rumah menggunakan pendekatan yang kontekstual, disesuaikan dengan kondisi yang ada. Suasana persahabatan itu lah yang harus dipindahkan ke rumah, dengan dilakukan oleh orangtua, anak, dan penghuni rumah lainnya. Untuk itu, orangtua memang dituntut untuk lebih kreatif dalam membangun interaksi dengan anak. Interaksi baik yang terbangun nantinya diharapkan bisa membuat anak tidak begitu kehilangan interaksi fisik yang biasanya dimiliki di sekolah bersama dengan teman-temannya.

Anak-anak sudah bosan berada di dalam rumah

Jangan lupakan lap dan kemoceng untuk menghilangkan debu di perabotan rumah. “Tentu saja kebosanan terjadi ketika mereka harus berada di rumah dengan waktu yang sangat lama. Sangat disarankan, Anda juga bersikap lebih fleksibel dalam soal mengatur jadwal rutinitas Si Kecil. Tidak masalah, jika sesekali Anda membiarkan anak mandi lebih siang atau bermain gadget dan menonton televisi lebih lama selama masa isolasi diri ini. Jadi bisa dibilang, anak-anak di kategori usia ini tidak banyak terpengaruh oleh fakta bahwa mereka harus selalu berada di dalam rumah. Sebaliknya, anak-anak tersebut justru akan merasa lebih nyaman dengan kehadiran kedua orang tuanya di rumah.

Menonton film mungkin sudah menjadi hal biasa yang dilakukan bersama keluarga. Namun, pernahkah Anda melakukan film night dengan memberikan sedikit dekorasi lucu? Nah, ide ini juga dapat menjadi pengusir kejenuhan anak saat PPKM.

Bahkan, jauh-jauh hari sebelumnya sudah digenjot demi mencapai tujuan akhir yang pastinya bisa membuat kamu puas dan bangga. Saking semangatnya, kamu belajar terus-menerus sampai lupa waktu istirahat. Coba deh relaksasi sebentar, entah tidur, atau hangout sebentar untuk melepas rasa jenuh saat belajar.

Ditambah, harus peka terhadap segala kebutuhan rumah tangga, suami dan anak-anak. Eits, tidak ada salahnya kok, sobat tiket, untuk melibatkan anak-anak dalam urusan pekerjaan rumah. Namun, pekerjaan rumah ini pun perlu disesuaikan dengan usia mereka, dan pastinya tidak memberatkan mereka ya. Selain menjadikan kegiatan ini sebagai bagian dari quality time, juga mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab atas kebersihan rumah. Selain bisa menjaga stamina tubuh, menjadi aktivitas yang seru juga jika dilakukan bersama anak. Bahkan, untuk vaksinasi rutin pun, saat PPKM Darurat ini tidak disarankan dulu.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel Taryono, banyak tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran on-line. Oleh karea itu kita semua harus saling bersinergi dan mencari berbagai cara bagaimana dapat membangun pembelajaran yang efektif,” katanya. Menghabiskan waktu selepas sekolah online Slot Pragmatic atau saat sore hari bersama anak tentunya dapat mengusir kejenuhan saat sekolah on-line. Mulai bekerja dari rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah. Sebagai upaya pencegahan berkembangnya virus ini, pemerintah pun membatasi mobilitas masyarakat dengan mengimbau berkegiatan di rumah.

Jika siswa telah mengalami penurunan semangat belajar bahkan hingga stress, maka akan sangat tidak baik bagi kesehatan si anak. Maka sedari sekarang, si anak harus diajari untuk menjaga pola belajar dirumah yang sehat, agar tetap semangat unttuk belajar, menghindari kejenuhan dan menimalisir terjadinya stress. Saat sebelum pandemi, ketika mereka belajar di sekolah, si anak akan bertemu dengan teman-temannya. Siswa akan merasa senang karena dengan bertemu dengan teman-teman sekolahnya, mereka dapat melakukan kegiatan Bersama-sama, mulai dari mengerjakan tugas, bertukar cerita, pergi bermain dan lain sebagainya. Dengan jadwal harian membantu anak memastikan kebutuhan dirinya bisa terpenuhi.

Ketika Anda atau anak Anda harus menjalani aktivitas bekerja dan belajar on-line, maka lakukan kewajiban sesuai waktu yang sudah dijadwalkan. Paling tidak, ketika membuka mata di pagi hari, setiap penghuni rumah sudah tahu apa yang harus mereka lakukan. Membangun kesepakatan di awal soal pembagian tugas dan aktivitas wajib yang harus dilakukan setiap hari menjadi penting. Ini akan membuat semua orang memiliki kontribusi atas pekerjaan-pekerjaan rumah tangga yang harus dikerjakan bersama-sama. Dengan cara ini, tidak ada yang merasa lebih capek, sehingga emosi dan psikis juga terjaga.

Menemani si kecil bermain secara bergantian tak hanya membuatnya akrab dengan seluruh anggota keluarga, tetapi juga membuat Anda tetap leluasa melakukan aktivitas lain selama berada di rumah. Selama belajar di rumah dan tidak ada sosok guru yang mengajar, Grameds memerlukan usaha yang lebih dalam memahami materi pelajaran. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengerjakan latihan soal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *