Indonesia Raih Dua Emas Di Catur Daring Piala Asia 2020

Written by Nitra on July 12, 2020 in Bisnis dari saham with no comments.

“Belum tentu membawa dampak besar terhadap dunia catur Indonesia, dan belum bisa dikatakan pasti membangun industri catur,” sebut Fritz. “Jadi perkembangan ke depan saya rasa akan terakselerasi . Untuk catur, recreation atau konten online pun akan semakin digemari. Sponsor juga bisa semakin tertarik,” kata Huda. Tak hanya membuat catur semakin populer, roda bisnis dari pertandingan itu pun bergulir kencang. Dengan whole hadiah Rp 300 juta, Irene yang menekuk Dewa Kipas di tiga partai tanpa balas itu menggondol uang Rp 200 juta. Cabang olahraga catur tidak begitu tersohor untuk menarik perhatian publik layaknya olahraga fisik macam sepakbola, basket, tenis atau bulu tangkis. Namun, olahraga asah otak itu justru menemukan momentum untuk bersemi dikala pandemi Covid-19 ini.

Akibat dari duel tersebut, banyak kini yang bertanya-tanya tentang siapa saja pemain catur di Indonesia yang sangat jarang diketahui dan disorot oleh publik. Nah, berikut ini ada sejumlah nama pecatur Indonesia terbaik yang harus kamu tahu. Apalagi saat dunia masih dilanda pandemi, pertandingan on-line semacam itu menjadi solusi yang jitu. Secara langsung maupun tidak, Dewa Kipas vs Irene bisa menggerakkan industri catur dan ekonomi digital secara bersamaan. Pertandingan Dewa Kipas vs Irene juga menjadi penanda penting bahwa pertandingan catur bisa diselenggarakan secara online dan menarik minat masyarakat, bahkan memikat sponsor dalam urusan pendanaan. Namun untuk catur sebagai cabang olahraga, dampak dari fenomena Dewa Kipas ini tak akan instan.

Kalau kamu mau mengenal lebih dekat para GM yang berprestasi, berikut Indozone rangkum profil grand master catur Indonesia di bawah ini. Syarat-syarat menjadi seorang Grandmaster sangatlah rumit, yakni harus memiliki peringkat catur ELO minimal 2500 dan memenangkan Kejuaraan Junior Dunia. JAKARTA – Tagar #15.00WIB bertengger di trending subject Twitter Indonesia. Tagar ini dibuat warganet untuk menanti dwitanding catur Dewa Kipas alias Dadang Subur melawan GM Irene Sukandar yang disiarkan di Channel YouTube Deddy Corbuzier. Kata, ‘Dewi Kipas’ dan ‘Pak Dadang’ pun jadi trending saat pertandingan ini berjalan.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menegaskan, pihaknya mencatat antusiasme yang tinggi dari masyarakat terhadap pertandingan tersebut. Sebagai gambaran, jumlah transaksi peralatan catur di Tokopedia melonjak hampir 4,5 kali lipat selama dan setelah pertandingan Dewa Kipas vs Irene berlangsung, dibandingkan transaksi rata-rata sebelum pertandingan itu. “Percasi perlu cari cara agar bisa memanfaatkan hal tersebut agar catur bukan saja sebagai permainan biasa, tetapi juga bisa untuk prestasi,” kata Fritz. Untuk bisa menjaga momentum tersebut, Percasi mesti mengusung program untuk menggalakkan kembali catur. Hal itu sangat potensial mengingat catur tergolong olahraga yang mudah dimainkan, tidak mengenal tempat dan tidak tergantung pada waktu. Di period digital, panggung permainan catur pun tak hanya di atas papan dengan 64 petak hitam-putih dan 32 bidak.

Upaya Menpora dan Menkes memprioritaskan vaksinasi Covid-19 bagi atlet golf mendapatkan apresiasi Murdaya Po selaku Ketua Umum PB PGI. Di sana, ia dilatih menguatkan psychological dan mengasah kemampuannya, melawan orang-orang yang jauh lebih dewasa darinya. PAKPAK BHARAT- Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu, Senin (9/7) membuka secara resmi Turnamen Catur Terbuka Indonesia memperebutkan Piala Bupati Pakpak Bharat Tahun 2012. Rencananya, turnamen ini digelar selama empat hari Juli di Gedung Serbaguna Salak. Grandmaster wanita catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar, melayangkan surat terbuka untuk Deddy Corbuzier. Hal ini lantaran pihak Dadang diberi kesempatan untuk tampil dalam podcast yang tayang di kanal YouTube-nya.

Sebelumnya Novendra yang masih berusia 21 tahun itu memiliki elo ranking 2.493. “Sebagaimana halnya video game yang semuanya harus dimulai dari level 1, bapak saya pun harus mulai dari ELO 800 (peringkat terendah dalam chess.com). Namun, ELO bapak saya saat turnamen offline dulu tentu saja jauh melebihi itu (sekitar 2.500),” kata Ali. Diduga, para penggemar GothamChess melaporkan Dadang Subur yang dicurigai melakukan kecurangan. Alhasil, akun Dewa_Kipas milik Dadang Subur di-banned dari chess.com. Mereka bukan hanya bermain melawan lawan permainan mereka, namun juga bermain melawan aneka bacotan dari penonton yang kerap lebih pedas ketimbang dialog aktor dan aktris paling antagonis sekalipun.

Rumah Irene Sukandar ini memiliki ruang tamu yang tidak terlalu besar, dirancang minimalis dengan sofa dari kulit. Rumah Irene Sukandar ini mempunyai dua lantai, seluruh eksterior rumah bercat putih dengan aksen abu-abu. Ia pun ditantang untuk bertanding dengan orang yang lebih dewasa darinya. “Jadi itu memang suatu pengalaman yang harganya tidak bisa tergantikan karena itu sangat bernilai sekali bagi karier dan prestasi saya sampai sekarang ini,” sambungnya. Indonesia yang sempat menduduki rangking ke lima, harus rela turun ke posisi 7, akibat kalah pada pertandingan terakhir melawan Georgia dengan skor 2-four.

catur indonesia

Hingga kini catur banyak dikenal masyarakat seluruh dunia termasuk Indonesia, selain sebagai cabang olahraga untuk melatih otak, catur bisa menjadi pelarian yang bisa menjadi hiburan. Setelah itu, mereka yang berhasil masuk peringkat catur ELO minimal 2500 dan memenangkan Kejuaraan Junior Dunia akan mendapat gelar ‘Grandmaster’ dari organisasi catur internasional, Federation Internationale des Eches . Kalau bicara olahraga catur, kita tidak hanya membahas aktivitas memindahkan biduk yang dilakukan 2 orang. Akan tetapi, pertandingan catur terkenal sebagai seni strategi tingkat tinggi dan dan berpikir logis. Pecatur Indonesia yang menorehkan prestasi selanjutnya yaitu Cerdas Barus, seorang pecatur tuna rungu peraih gelar Grandmaster catur.

Dia meraih gelar juara di FIDE World Championship 2018 U-10 yang berlangsung di Minks, Belarusia. Kini di bidang catur, Suherman merupakan pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia Pembinaan Prestasi Ato Koor Bidang Wasit Catur Sumenep. Sugeng mencurigai, jika Suherman bukan pemain warungan, karena menurut dia langkah-langkah yang digunakan oleh suherman tajam dan tidak mudah terbaca. “Sehingga langkah-langkah itu bisa agresif atau brilian, karena untuk mengalahkan master itu kita butuh strategi yang tidak formal atau lebih tepat manuver langkah tidak biasa,” jelasnya. Indonesia menumbangkan Vietnan pada pertandingan keenam Pool A dengan skor 3,5 – 2,5. Hasil tersebut membuat posisi Indonesia berada di posisi lima klasemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *