Inilah Caranya Agar Anak Tumbuh Sesuai Tahapan Usia

Written by Nitra on February 16, 2021 in LIP with no comments.

Masih terkait dengan faktor pembawaan, penelitian terhadap anak kembar menunjukkan bahwa anak kembar identik memiliki tinggi badan yang relatif sama dibandingkan dengan anak kembar yang berasal dari 2 telur . Kedua orangtua memberi sumbangan yang sama besar bagi perkembangan Situs Bola Online tinggi badan anak-anak mereka. Secara umum dapat disimpulkan bahwa dari dua orangtua yang memiliki badan tinggi, maka anaknya akan memiliki badan yang tinggi pula. Demikian sebaliknya, anak yang pendek kemungkinan besar memiliki orangtua yang tidak tinggi juga.

Keberhasilan tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh faktor lingkungan, mulai dari lingkungan keluarga hingga masyarakat luas. Peran keluarga utamanya orangtua sangat penting dalam membentuk lingkungan keluarga yang harmonis, penuh kasih sayang, dan pengertian. Lingkungan paparan pertama dan tersering bagi anak-anak adalah keluarga.

Bagaimana cara agar tumbuh kembang anak menjadi baik

Agar potensi ini menjadi aktualisasi dibutuhkan kesempatan untuk mengaktualisasikan bakat-bakat tersebut. Karena itu kemungkinan ada bakat yang tidak dapat berkembang atau tidak dapat beraktualisasi karena kesempatan tidak atau kurang memungkinkan. Untuk mengaktualisasikan bakat diperlukan lingkungan yang baik atau mendukung. Karena itu langkah yang baik adalah memberi kesempatan pada anak untuk mengembangkan bakat sebaik-baiknya. [newline]Untuk dapat mengetahui bakat seseorang umumnya dipergunakan tes bakat . Penelitian mengatakan bahwa eighty persen pertumbuhan otak terjadi selama seribu hari pertama kehidupan anak. Rentang waktu inilah yang dikenal sebagai periode emas perkembangan otak anak.

Sebab, fungsi otak yang berkembang optimum berbanding lurus dengan fungsi tubuh yang sempurna. Hal yang tidak kalah penting yaitu faktor perilaku, salah satunya adalah keluarga sebagai tempat pertama tumbuh kembang anak. Orangtua yang baik adalah mereka yang memahami edukasi perkembangan kesehatan anak sejak masa kehamilan. Hal ini mencakup pemenuhan gizi saat hamil, serta memeriksakan kandungan empat kali selama masa kehamilan. Pemberian hak anak untuk mendapatkan kekebalan melalui imunisasi juga hal yang tidak boleh dilupakan.

Mereka juga dapat mengenal hari, tanggal bulan hingga tahun dengan baik. Pada usia ini umumnya kemampuan anak mulai dari berbahasa, sensorik, kognitif emosi dan emosi sudah baik. Anak mulai dapat mengenal pertemanan dimana mereka akan mulai untuk berinteraksi dengan banyak orang terutama teman sebaya. Dalam hal ini peran orang tua juga penting untuk menunjukkan mana yang baik dan yang buruk kepada anak. Pada usia ini orangtua dapat mengajarkan anak untuk belajar menulis hingga menggambar. Perkembangan anak juga dapat dilihat dengan kemampuan untuk membedakan warna dan mengenal huruf dan berhitung dengan angka dasar seperti 1 hingga 10. [newline]Ajak anak untuk dapat berinteraksi sesering mungkin dengan mengajaknya berbicara tentang kegiatannya sehari-hari, siapa teman yang disukai dan kegiatan yang menarik yang sudah ia lakukan pada hari itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *