Inilah Tips Liburan Bersama Keluarga Saat Pandemi

Written by Nitra on July 1, 2020 in Bisnis dari saham with no comments.

Meski di tengah situasi pandemi, Moms dan keluarga bisa tetap menikmati malam pergantian tahun dengan cara yang menyenangkankok. Ide liburan yang satu ini juga mendadak viral di tengah situasi pandemi. Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 11 Tahun 2020 tentang pedoman dan petunjuk teknis penyelenggaraan transportasi darat pada masa adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran Covid-19. Protokol yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan tersebut kemudian diturunkan menjadi buku Panduan Protokol Kesehatan untuk Sektor Ekonomi Kreatif pada Juli 2020. Panduan ini ditujukan bagi penghasil, pelaku, pengelola, karyawan, tamu dan klien dari produk dan jasa kreatif sehingga dapat tetap produktif dan merasa aman di tengah pandemi COVID-19. Jika menggunakan transportasi umum, sebaiknya belilah tiket dan examine in secara on-line.

Mencari tempat kuliner di masa new normal sekarang ini tidak boleh sembarangan. Oh ya, selain menawarkan sejumlah promo menarik, Traveloka Epic Sale ini juga didukung oleh fitur Clean Partners. Dengan membaw set alat makan sendiri otomatis kamu mengurangi tingkat bersentuhan dengan orang lain maupun benda yang dipegang oleh orang lain. Di kala pandemi Corona, lebih baik traveler membawa bekal dari rumah yang lebih terjamin kebersihannya. Sebelum mulai traveling dengan mobil, pastikan bahan bakar mobil traveler terisi penuh.

Namun, masker tidak disarankan untuk digunakan saat sedang bermain di air. Vasan juga mengatakan, jika kita melihat ramai orang di depan, cobalah cari titik lainnya yang orangnya lebih sedikit. Keunggulan mobil juga dapat langsung anda bawa sendiri dan menentukan tempat-tempat mana saja yang akan dikunjungi, tanpa harus menunggu transportasi umum datang di halte, terminal, bandara, atau stasiun. Pergi dengan keluarga yang satu rumah tidak akan membuatmu khawatir karena setiap hari sudah berinteraksi bersama di rumah. Meskipun sudah diberikan jarak untuk kursi penumpang di pesawat, biasanya anak-anak tetap ingin bersama orang tua mereka. Ia juga menyarankan agar memilih maskapai yang sudah dilengkapi dengan filter HEPA meski belum terbukti bebas corona.

Hal ini bisa memudahkan berbagai penyebab penyakit, termasuk virus corona, masuk ke tubuh selama liburan. Bisa jadi juga, kita malah jadi penyebab orang lain tertular penyakit yang kita bawa. Oleh karena itu, wajib berada dalam kondisi sehat jika ingin liburan di masa pandemi. Menurut Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono, MSc, kunci utama untuk melindungi diri dari virus selama liburan adalah menghindari penularan. Caranya dengan menjalankan protokol kesehatan 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

Anda bisa berolahraga lari, jogging, yoga, senam, sit up ataupun lompat tali yang bisa dilakukan dari rumah. Kendaraan yang membawa wisatawan dapat beroperasi dengan menunjukan dokumen yang diperlukan. Bepergian ke Turki saat pandemi, Anda akan membutuhkan visa dan surat keterangan bebas Covid-19. Mereka terlibat di dalamnya, mereka merasa memiliki program kementerian pariwisata itu. Selama pandemi, Bali catat kerugian pariwisata Rp 9,7 trilun setiap bulannya.

“Liburan tentu menarik dan baik dilakukan terutama mereka yang sangat sibuk bekerja tapi liburan dengan keep at house pun tetap bisa menyenangkan. Aktivitas yang bisa dilakukan antara lain merawat tanaman, berkebun hidroponik, bermain bersama keluarga, piknik di halaman, memelihara ikan, mencoba resep masakan baru, dan aneka kegiatan seru lainnya. Justru malah lebih bisa berhemat di tengah situasi pandemi dan ancaman resesi karena tidak ada biaya penginapan, transportasi, tiket masuk atraksi wisata, dan bisa memasak sendiri,” ujar Yan. Jika memang kondisi tubuh sedang kurang match, kalian bisa menghabiskan waktu long weekend juga dengan bersantai bersama keluarga di rumah. Namun misal terpaksa harus naik transportasi umum, jangan lupa untuk selalu kenakan masker dan rajin mencuci tangan Anda menggunakan sabun atau hand sanitizer. Liburan Lebaran yang cukup panjang, membuat sebagian masyarakat memanfaatkan waktu untuk pergi berlibur ke destinasi wisata lokal, atau paling dekat dengan rumah.

Cara aman untuk berlibur ditengah masa pandemik

Untuk mengantisipasinya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan berikut ini. Olahraga bersama si kecil tidak melulu hanya berenang atau melompat di trampolin saja, lho. Jika Anda memiliki konsol recreation, pilih permainan olahraga untuk dimainkan bersama.

Pergi ke hotel terdekat dengan fasilitas menarik juga bisa menjadi pilihan Anda menghabiskan liburan panjang. Ada banyak resort yang kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain staycation, Anda bisa melakukan bepergian sendirian untuk menghindari keramaian. Mengingat jumlah kunjungan yang besar, rata-rata 3.000 pengunjung per hari sebelum pandemi, Taman Wisata Candi Prambanan menerapkan protokol kesehatan demi wisata aman dengan berbagai cara. Selalu utamakan keselamatan dan kesehatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Pilihlah destinasi wisata yang aman, menerapkan protokol kesehatan ketat, dan tidak masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19.

Apakah destinasi wisata yang Anda kelola sudah cukup unik di mata wisatawan? Jika belum, inilah saat yang tepat untuk menyusun dan mengonsep branding destinasi. Strategi vacation spot branding sangatlah penting dilakukan agar destinasi wisata dapat berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *