Sekolah Tak Penuhi Sop, Pembelajaran Tatap Muka Dapat Dibatalkan

Written by Nitra on March 16, 2021 in LIP with no comments.

Presiden menyampaikan rencana sekolah tatap muka yang sedianya dibuka Juli 2021 harus dibatalkan karena menunggu situasi membaik. Jokowi pun menjelaskan bahwa rencana pemerintah untuk membuka sekolah tatap muka di bulan Juli memang dibatalkan. “Pandemi yang melanda Agen Bola Online kita seharusnya menjadi kesempatan bagi para orang tua khususnya, untuk bisa lebih memperhatikan hak-hak anak dalam memperoleh pendidikan yang dimulai dari rumah. Tentunya dibantu dengan pendidikan di dunia sekolah yang dilakukan secara daring,” ungkapnya.

Sekolah dengan tatap muka dibatalkan

Namun, Kepala SD Negeri Lebakwangi 01 Khaerudin punya kebijakan sendiri untuk siswa kelas bawah, terutama kelas 1 dan 2. “Anak-anak ku semua adalah masa depan Indonesia. Selalu semangat, rajin belajar, terus bergembira, beribadah. Selamat Hari Anak Nasional untuk semua anak-anak ku di Indonesia,” ucapnya. Meski demikian, di tengah tantangan di tengah pandemi ini, semangat dan perayaan Hari Anak Nasional 2021 tidak pernah surut. Maka dari itu tema Peringatan Hari Anak Nasional 2021 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dan tagline #AnakPedulidiMasaPandemi. MADIUN – Puncak peringatan Hari Anak Nasional berlangsung sederhana namun tetap bermakna. Puncak kegiatan berlangsung dengan format zoom assembly yang diikuti Presiden RI Joko Widodo dan perwakilan anak-anak.

Joko Widodo juga meminta anak-anak bersabar dan tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik, walau secara daring. Presiden juga meminta anak-anak menaati protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, serta mengingatkan orang disekitarnya menaati hal tersebut. Disebutkan dalam draf rencana tersebut, tempat pendidikan di zona merah dan oranye wajib menggelar kegiatan belajar mengajar secara daring. Sementara untuk tempat belajar mengajar di luar kedua zona itu akan ditentukan lebih lanjut oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi . Didik mengatakan saat pembelajaran tatap muka jadi diberlakukan, satuan pendidikan tetap harus memperhatikan protokol kesehatan.

“Untuk meringankan beban pelajar, bantuan kuota dari pemerintah pusat masih berlanjut. Selain itu, bekerja sama dengan Diskominfo Depok, kita memasang wifi di ribuan titik di hampir seluruh RW,” ungkapnya. Portal Berita dan Informasi Terbaru di Indonesia – Mediago.id Mediago.id, media on-line dan portal berita di Indonesia yang menyajikan berita dan informasi terbaru sebagai referensi pengetahuan untuk Anda. Bahkan, berdasarkan anjuran Ikatan Dokter Anak Indonesi , pembukaan kembali sekolah di masa pandemi belum bisa dilakukan. “Para pemangku kepentingan di bidang pendidikan membutuhkan panduan operasional sebagai turunan SKB Empat Menteri untuk memudahkan dalam mempersiapkan dan melaksanakan PTM terbatas,” katanya pada peluncuran panduan secara digital, Rabu (2/6). Agar tidak kendur, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, ingin semua daerah di wilayahnya menerapkan PPKM Level 4.

Dengan demikian, belajar secara online atau daring kembali diterapkan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Menurut Nadiem, PPKM akan menjadi instrumen pemerintah untuk mengambil keputusan, apakah melanjutkan atau justru akan menunda sekolah tatap muka di suatu daerah. Pemkot Depok belum memutuskan kelanjutan rencana sekolah tatap muka yang rencananya bakal digelar Juli 2021.

Mendikbud berharap program vaksinasi untuk guru dan tenaga kependidikan dapat selesai pada akhir Juni 2021. Sehingga semua sekolah bisa segera melaksanakan sekolah tatap muka, meski secara terbatas. Kepala Dikbud Kolut, H Muh Idrus mengungkapkan rencana sekolah tatap muka diawal Bulan Desember telah dibatalkan setelah pihaknya melakukan rapat dengan semua tim gugus tugas penanganan Covid-19. Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji optimistis target vaksinasi tahap kedua khususnya yang menyasar guru di DIY bakal selesai dengan cepat, sehingga pembelajaran tatap muka di daerah ini bisa dilakukan pada Juli mendatang. Mendikbud Nadiem Makarim merinci, jumlah sekolah yang sudah belajar tatap muka berjumlah 34.200, sementara sisanya masih belajar dari rumah. Kemendikbud mencatat baru sekitar 15 persen dari whole sekolah di Indonesia yang sudah membuka kembali pembelajaran tatap muka di kelas saat pandemi Covid-19.

Orang tua tetap memiliki hak untuk menentukan apakah anaknya boleh mengikuti PTM terbatas atau memilih PJJ. Pembelajaran tatap muka dimulai Juli 2021 diputuskan dalam Surat Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Vaksinasi untuk anak ini menggunakan Sinovac yang telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan untuk digunakan kepada anak usia tahun.

— Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan bahwa sekolah boleh melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan memenuhi syarat tertentu di Januari 2021. Ini disebabkan penyebaran Covid-19 di Kota Ambon belakangan mengalami peningkatan yang cukup drastis. Aji menegaskan, pembelajaran tatap muka untuk perguruan tinggi juga dibatalkan. Pemda DIY enggan mengambil risiko dan akan mengevaluasi lebih lanjut terkait agenda ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *