10 Cara Menyapih Anak Agar Mau Berhenti Minum Asi

Written by Nitra on March 3, 2021 in LIP with no comments.

Menangis kadang merupakan tanda isu medis, jadi lebih baik mengatasi gejala-gejalanya di awal. Sebagai catatan, saat Anda memilih untuk memberinya teether, pastikan untuk menjaga kebersihannya. Orangtua harus rajin membersihkan mainan dengan cara direbus dengan air hangat, untuk membunuh bakteri agar tidak masuk ke dalam tubuh anak. Melissa Adiatman, PhD, tumbuh gigi adalah proses yang wajar.

Cara agar anak tidak rewel karna tidak bisa keluar

Dehidrasi pada bayi dapat terjadi karena menyapih bayi dari ASI, sariawan di mulut bayi, gigi bayi tumbuh, ataupun masalah lain yang membuat bayi tidak mendapat cukup cairan. Menangis merupakan cara alami buah hati Anda untuk berkomunikasi dan menyampaikan rasa tidak nyaman atau membutuhkan sesuatu. Sebagian besar bayi menangis karena mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim. Bayi mendapat asupan cairan melalui makanan dan minuman yang ia konsumsi, termasuk ASI. Namun, dalam kondisi tertentu, seperti saat giginya tumbuh, sariawan, atau demam, dehidrasi pada bayi bisa saja terjadi karena ia enggan untuk minum susu.

Pencegahan cacar air pada anak yang paling utama dilakukan dengan pemberian vaksin cacar alias imunisasi. Dokter merekomendasikan anak-anak segera memperoleh vaksin cacar air pertama di usia 12 – 15 bulan dan dilanjutkan imunisasi ke-2 saat usia 4 – 6 tahun. Selanjutnya, dokter akan memberikan obat cacar air yang membantu meringankan gejala dan mempercepat fase perjalanan penyakit tersebut. Sebagian besar, bayi terserang pilek setidaknya 7 kali sebelum ulang tahun pertama mereka. Namun Ibu tidak perlu khawatir tentang cara mengatasi pilek pada bayi. Ternyata sebagian besar pilek yang menyerang bayi, justru akan membantu bayi dalam meningkatkan kekebalan tubuh mereka nantinya lho.

Penumpukan lendir juga dapat muncul ketika hidung tersumbat. Penyebab hidung tersumbat dapat berasal dari flu biasa, namun juga dapat berarti masalah infeksi yang serius. Hidung tersumbat dapat menyebabkan sesak sehingga sulit bernapas dan bisa membuat Anda merasa lelah. Ketika tubuh bereaksi terhadap zat yang tidak diketahui seperti debu, alergen, atau virus, tubuh meluncurkan respons kekebalan dan peradangan dapat muncul. Maraknya berita tentang jaringan pedofilia di Facebook tentunya membuat orang tua khawatir.

Jika bayi yang rewel sulit sekali untuk ditenangkan, sebaiknya segera berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena tubuhnya rileks, bayi Anda akan lebih mudah tidur di malam hari. Dengan tidur yang nyenyak, si buah hati Kong4D pun akan pulas semalaman, tanpa harus terbangun pukul 2 subuh dan menangis. Maka, kalau bayi Anda sering sekali terbangun di tengah malam dan menangis, bisa dicoba memijatnya di sore hari. Dengan begitu, ketika sudah waktunya tidur bayi Anda sudah siap dan tidak rewel lagi.

Jika usia anak Anda lebih tua, Anda mungkin bisa mengalihkan perhatiannya dengan aktivitas lain saat ia ingin menyusu. Menunda waktu di jadwal menyusui dapat mengurangi frekuensi anak menyusui dalam sehari. Biarkan anak makan dengan porsi sedikit, tetapi dalam frekuensi yang sering sebagai bagian dari cara menyapih. Memang membutuhkan waktu untuk membiasakan anak makan makanan padat, jadi lakukanlah dengan perlahan.

Sebelum diimunisasi, Bunda harus menjelaskan usia dan kondisi kesehatan si kecil kepada dokter atau bidan yang akan memberikan imunisasi. Apakah si kecil sedang mengalami sakit yang serius atau memiliki alergi tertentu. Hal ini perlu dilakukan agar dokter atau bidan benar-benar memahami kondisi si kecil dan memberikan imunisasi anak yang sesuai kondisi si kecil.

Anda harus hati-hati karena obat ini dilaporkan memiliki efek samping berupa bentol, ruam, gatal-gatal, urin berubah warna, kejang, sulit bernapas hingga denyut jantung tidak teratur. Coba ganti posisi menggendong si kecil, seperti telah dijelaskan sebelumnya bisa jadi posisi atau cara menggendong membuat bayi tidak nyaman sehingga ia menolak untuk menyusu. Tunggu hingga bayi sangat mengantuk, karena banyak bayi yang cenderung tidak menolak saat dalam kondisi setengah teler. Hindari memaksa bayi menyusu ke payudara, misalnya dengan mendorong kepalanya agar mendekat ke payudara, karena penolakan bisa berlanjut menjadi semakin panjang. Misalnya saat ibu kembali bekerja, atau setelah memiliki pengasuh baru, bayi mendadak menolak menyusu pada ibu. Yang lebih sering terjadi adalah bahwa ASI keluar tersendat-sendat, hal ini dapat membuat bayi menjadi tidak sabar dan marah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *