7 Ideas Ampuh Menghadapi Anak Malas Belajar

Written by Nitra on February 27, 2021 in LIP with no comments.

Gunakan lagu yang sudah dihapal oleh anak untuk mengajari ia berbagai hal, seperti nama hewan, nama hari, nama bulan, angka, abjad, dan lain sebagainya. Apresiasi sangat penting diberikan pada anak yang sedang mengalami masa tumbuh kembang. Bila anak berhasil melakukan sesuatu atau mentaati aturan yang dibuat oleh orang tua di rumah, maka jangan lupa berikan apresiasi atau pujian. Apresiasi tersebut yang membuat si kecil merasa termotivasi untuk patuh. Ia juga akan melakukan perintah orang tua dengan rasa senang tanpa paksaan.

Sangat disayangkan apabila pesan atau pelajaran yang disampaikan guru tidak bisa diterima dengan maksimal oleh siswa tersebut. Berikut ada beberapa cara mengatasi kesulitan belajar bagi siswa yang bisa menjadi pertimbangan. Keingintahuan membuat anak semangat belajar, sebaliknya ketidaktertarikan membuat anak bosan belajar. Ayah Ibu bisa memicu rasa ingin tahu anak dengan mengajukan pertanyaan yang menarik, dan tantang anak untuk membuat pertanyaannya sendiri sesuai minatnya.

Jika anak terbiasa rutin belajar, ia tidak akan merasa terlalu berat untuk belajar ketika akan menghadapi ulangan atau ujian karena sudah dicicil sejak hari sebelumnya. Yuk, baca kumpulan kata-kata motivasi lainnya dengan mengklik tautan ini. “Tujuan dari belajar adalah terus tumbuh. Akal tidak sama dengan tubuh, akal terus bertumbuh selama kita hidup.” – Martimer Adler.

Cara agar anak mau belajar dengan baik

Munculnya varian baru virus mematikan ini pun tidak hanya menyerang orang dewasa, tapi juga anak-anak. Keberhasilan mengatasi mood anak pada hari ini belum tentu dapat diterapkan pada hari-hari lain. Kesibukan anak mengerjakan banyak hal juga membuat pikiran mereka terarah. Jauh dari keinginan untuk display screen time di depan gadget atau bermain smartphone. Namun tak bisa dipungkiri, mood anak selama pandemi dapat mendadak berubah. Segala macam jenis permainan sudah dihadirkan, hanya hasilnya nihil.

Meski anak sudah hapal dengan abjad maupun sudah bisa menulis, kita harus tetap mengajarkan anak kembali agar diri-nya terus hapal dan tidak melupakan apa yang sudah dirinya pelajari. Sekarang, Anda sudah tahu kapan waktu yang tepat anak menulis. Karena Anda mengerti bahaya jika anak ditekan untuk bisa menulis di usia belia. Ini merupakan sebuah sistem yang membuat anak siap untuk belajar hal-hal seperti orang dewasa.

Maka sedari sekarang, si anak harus diajari untuk menjaga pola belajar dirumah yang sehat, agar tetap semangat unttuk belajar, menghindari kejenuhan dan menimalisir terjadinya stress. Namun, selama pandemi, si anak harus melakukan berbagai aktifitasnya dirumah. Casino Online Belum lagi adanya pembatasan diri untuk menghindari kerumunan atau berjaga jarak pastinya menambah kejenuhan bagi setiap anak. Si anak akan merasa tidak memiliki teman belajar, sehingga lama kelamaan akan muncul rasa malas untuk belajar kembali.

Temani Si Kecil saat belajar dan berikan bantuan ketika ia membutuhkannya. Sri mengatakan salah satu tantangan yang dihadapi orang tua saat pandemi Covid-19 adalah bagaimana memotivasi anak agar rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik selama masa belajar dari rumah. Sayangnya, banyak pakar perkembangan anak tidak menyarankan hal seperti itu. Pasalnya, anak akan kehilangan waktu untuk bermain dan bersenang-senang. Ketika orang tua dan guru mulai mengajarkan anak menulis, terkadang anak tertekan.

Akan tetapi, orang tua tidak bisa mengabaikan atau memaksa anak belajar ketika dalam keadaan seperti ini. Berikut ini cara mengajak anak untuk belajar yang bisa orang tua terapkan tanpa harus memaksanya. Sebagai orang tua, Anda memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung Si Kecil menjadi anak cerdas. Berikan dorongan dan semangat sesuai dengan kemampuan dan minat yang Si Kecil miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *