Agar Tugas Belajar Di Rumah Tak Membosankan, Guru Bisa Lakukan Ini

Written by Nitra on March 17, 2021 in LIP with no comments.

Oleh karena itu, dalam mengatasi kendala seperti itu diharapkan guru memberikan variasi-variasi dalam proses pembelajaran meski pun itu belajar on-line . JAKARTA, MENARA62.COM — Situasi pandemi corona membuat semua orang harus melakukan social distancingatau jaga jarak, termasuk anak-anak. Sekolah-sekolah memindahkan proses belajar mengajar di rumah masing-masing Casino Online sampai batas waktu yang belum ditentukan. Setelah lebih dari 1 bulan, banyak orangtua mengeluhkan anaknya yang mulai bosan bermain dan belajar di rumah. Lantas, bagaimana cara mengatasi anak bosan di rumah selama pandemi corona? Guru dapat melakukan pembelajaran menggunakan metode E-Learning yaitu pembelajaran memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Apalagi siswa sekolah menengah atas, masa remaja dimana kondisi emosi yang masih labil, masa pencarian jati diri, mudah tersinggung dan marah, tidak bisa sembarangan dalam menangani setiap permasalahannya. Dari situ, sekolah dan universitas harus memiliki panduan kurikulum dan teknis yang jelas. Bagaimana agar materi tetap tersampaikan sesuai silabus dan penugasan. Platform yang digunakan seperti Zoom, Skype, dan lain-lain juga harus disosialisasikan untuk menghindari kendala teknis. Kecepatan mereka dalam mengoperasikan teknologi untuk mencari informasi dan melakukan komunikasi secara instan sangat luar biasa. Begitu anak mulai gelisah, alihkan perhatiannya dengan menawarkan kegiatan menarik atau menyenangkan, seperti mengajak mereka berjalan-jalan di sekitar rumah.

Ini salah satu cara pandang dalam menyelesaikan problem dalam pendidikan. Dalam melakukan pembelajaran daring, anak akan lebih banyak menggunakan smartphone mereka. Strategi pembelajaran merupakan hal penting dalam proses belajar mengajar. Pendidik yang tidak memiliki strategi pembelajaran akan kesulitan dalam melaksanakan proses belajar mengajar sehingga anak didik tidak akan mendapatkan materi pembelajaran dengan baik. Lebih dari satu tahun kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah, tak heran bilaanak mulai menunjukkan rasa bosan. Tingkat stres tidak hanya akan dialami oleh orang tua, namun si kecil juga bisa merasakan hal yang sama.

Seringkali dalam proses belajar, pendidik tidak menjelaskan tujuan belajar. Anak dianggap sudah seharusnya belajar, ada atau tidak ada tujuan belajar. Hidup sendiri atau berkeluarga, kita bisa pilih membeli set meja makan dengan kursinya atau berkreasi dengan membeli meja dan kursi secara terpisah. Memadupadankan meja dan kursi makan juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengusir rasa bosan di rumah terus. Lalu, salah satu alasan yang membuat anak tidak tertarik sekolah on-line adalah karena tidak bertemu dengan teman-temannya. ● Pembelajaran jarak jauh bukanlah hal baru, dan selama ini sudah banyak orang yang mempraktekkannya.

Oleh karena itu, orang tua harus berpartisipasi dalam menyampaikan kembali materi pembelajaran serta membuat anak memahami konsep yang diberikan guru secara on-line. Lalu orang tua akan membantu mereka dalam pengerjaan tugas jika terjadi kesulitan. Di sisi lain, tidak adanya interaksi langsung dengan guru dan teman saat pembelajaran daring juga menjadi pemicu munculnya kejenuhan siswa. Pada kondisi regular, kegiatan diskusi bersama kelompok belajar atau sekedar saling sharing sesama teman menjadi hal rutin. Bagaimanapun itu merupakan suatu bentuk refreshing dan dukungan belajar yang dapat mengurangi kejenuhan.

Mengatasi rasa bosan terhadap anak-anak ketika sekolah online

Walaupun pendidikan di Indonesia ikut terdampak adanya pandemi covid-19 ini, namun dibalik semua itu terdapat hikmah dan pelajaran yang dapat diambil. Akibat dari pandemi covid-19 ini, menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Upaya tersebut ditujukan kepada masyarakat agar dapat dilakukan untuk memutus rantai penyebaran pandemi covid-19 yang terjadi saat ini. Siswa bermasalah memerlukan pendampingan untuk memecahkan dan mencari solusi permasalahannya.

Hal yang perlu dijaga adalah jarak fisik namun berkomunikasi dengan teman tak boleh putus begitu saja. Tips ini juga bisa dipakai untuk tugas-tugasmu lainnya juga yang dikerjakan secara “online”. [newline]Selama di rumah, ajaklah Si Kecil untuk berolahraga bersama di pagi hari sambil berjemur. Pekarangan rumah bisa Bunda manfaatkan untuk melakukan aktivitas berkebun bersama Si Kecil. Jika tidak ada pekarangan di rumah, Bunda bisa mengajak Si Kecil menanam tanaman di pot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *