Anak Menjadi Gelisah Dan Pemarah Saat Pandemi Covid

Written by Nitra on March 16, 2021 in LIP with no comments.

Dalam posisi yang demikian, guru cenderung abai terhadap pengembangan potensi peserta didik yang sangat beragam. Aktifitas edukasi yang mencerminkan merdeka belajar, antara lain, bisa dilakukan guru-guru dengan menggiring siswanya out of the track dari rutinitas belajar konten mata pelajaran. Jika kita telah berkeluarga dan memiliki anak, ruang kerja juga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati me-time setelah bergantian dengan pasangan dalam mengasuh anak. Agar waktu menyendiri sebagai orang tua makin berkualitas, letakkan couch berukuran kecil yang nyaman atau kursi recliner dan rak buku untuk menyimpan buku-buku koleksi.

Namun sebaliknya, siswa tetap merasa senang dan leluasa dalam belajar di rumah, baik mandiri maupun dengan bimbingan orang tua. Inilah yang membuat orangtua perlu mencari cara untuk mengatasi rasa bosan anak saat di rumah di masa pandemi corona. Kendala inside juga tak kalah banyak, mulai dari para orang tua yang mengaku kesulitan karena tidak memiliki penguasaan materi-materi pelajaran sekolah hingga anak yang kurang disiplin, karena mereka menganggap di rumah berarti libur. Menyediakan ruangan khusus yang kondusif dengan sirkulasi udara yang bagus penting untuk menjaga konsentrasi anak selama belajar di rumah alias tidak gampang teralihkan sehingga belajarnya menjadi maksimal. Nah, saat anak mulai menunjukkan tanda-tanda bosan dan tidak fokus, ajak ia untuk rehat sejenak dan tanyakan cara belajar seperti apa ia sukai.

Hal tersebut terkadang membuat hubungan antar anggota keluarga menjadi canggung dan renggang. Masa pandemi saat ini merupakan kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Selama di rumah, manfaatkanlah waktu luang untuk berkumpul bersama keluarga atau melakukan kegiatan bersama. Pembatasan dari berbagai sisi yang berlangsung cukup lama membuat bosan masyarakat yang terus berada di rumah, terutama para pelajar yang terbiasa bersosialisasi, berkomunikasi, dan bermain bersama teman-teman di sekolahnya.

Guru merasa kesulitan mengajak para siswanya untuk aktif, komunikatif bahkan di ruang diskusi yang sengaja diadakan. Pasalnya, dengan orang tua memahami gaya belajar anak dan terus mendukung sang anak, akan menjadikan energi tambahan dalam proses belajar. Meski belajar di rumah, beberapa guru memberikan tugas untuk anak didik. Peran orangtua di sini adalah mengecek untuk memastikan dan menyemangati anak dalam emngerjakan tugas.

Bagi guru, akan mendapatkan nilai untuk keterampilan, Bahasa Indonesia, serta nilai karakter. Pada masa pandemi, tidak hanya anak yang merasa bosan tetapi juga orang tua, hal ini sering membuat orangtua tidak bisa mengendalikan emosinya. Berikut cara mengatasi untuk orangtua agar tidak emosi selama masa pandemi menghadapi anak bosan di rumah. Disamping itu, dari sisi tenaga pendidik misalnya, dengan memberikan materi belajar on-line dianggap lebih sulit daripada tatap muka di kelas.

Mengatasi rasa bosan terhadap anak-anak ketika sekolah online

Ekonomi negara yang menjadi tidak stabil tentu karena pengaruh dari ekonomi keluarga yang menurun karena pandemi. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak orang memulai bisnis secara online, tidak terbatas pada sebuah perusahaan, tapi juga orang-orang. Platform penjualan on-line semakin ramai dengan penjual sejak masa pandemi.

Padahal pendidikan dan pengajaran memiliki perbedaan dan pengertiannya masing-masing. Pengajaran, yang dalam bahasa Arab merupakan ta’lim khusus yang ditujukan pada akal manusia. Sedangkan pendidikan merupakan pembinaan manusia yang tidak saja melibatkan masalah fisik dan mental tetapi juga hati dan nafsu.

Namun, teras dan balkon mungkin bisa menjadi alternatif tempat belajar anak saat mereka merasa bosan belajar di dalam rumah. Melakukan pertemuan secara daring dengan teman-teman anak dan melakukan kegiatan seperti bermain game on-line bersama, juga bisa jadi pilihan. Dengan melakukan refreshing, tentunya akan mengembalikan kondisi tubuh dan pikiran anak menjadi lebih fresh. Kedua, sediakan waktu untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan, misalnya bermain, baca buku yang disukai, primary recreation, olahraga, menghabiskan waktu bersama kakak atau adik agar anak bisa rileks sesudah belajar. Menumbuhkan minat belajar siswa di musim pandemi membutuhkan biaya tambahan yang mungkin tidak masuk dalam alokasi keuangan sekolah.

Saat sarapan, jangan lupa beri pengertian mengenai situasi terkini dan mengapa ia harus tetap belajar di rumah. Dengan begitu, si kecil akan lebih paham tentang tanggung jawabnya untuk tetap belajar meski di rumah. BandungKita.id, TIPS & TRIK – Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona adalah dengan membatasi diri keluar rumah. Saat anak malas belajar, tak jarang orangtua akan merasa kesal dan pusing.

Sekolah SD Terbaik di Depok | Playgroup TK SD Islam Terbaik di Depok Jakarta Selatan. Pembelajaran jarak jauh bukanlah hal baru, dan selama ini sudah banyak orang yang mempraktekkannya. Agen PAY4D Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *