Biar Tumbuh Kembang Baik, Ini 10 Ideas Mengurus Anak Bagi Orangtua Yang Bekerja

Written by Nitra on February 16, 2021 in LIP with no comments.

Penuhi kebutuhan nutrisi anak dengan menerapkan pola hidup sehat sejak dini. Membiasakan anak untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, terutama makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Jangan lupa juga sertakan makanan yang kaya akan kalsium dan zat besi.

Selain itu, kekurangan zinc juga menyebabkan keterbelakangan fisik dan intelektual, memperlambat pertumbuhan, dan dapat juga menghambat anak dari pengembangan potensi anak. Seperti diketahui kalau nutrisi memiliki peran besar untuk Tembak Ikan Terpercaya tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, orangtua wajib memberikan makanan bernutrisi lengkap seperti karbohidrat, vitamin, protein, mineral dan juga omega-3 dan omega-6 yang memang baik untuk perkembangan dan fungsi otak anak.

Bagaimana cara agar tumbuh kembang anak menjadi baik

Dengan cara sering mengajak anak berbicara dapat membuat anak menjadi pribadi yang pemberani. Tiap anak yang datang sebagai pengungsi ke suatu negara berhak mendapatkan perlindungan dan dukungan khusus serta semua hak yang sama dengan hak yang dimiliki anak-anak yang lahir di negara itu. Kepentingan terbaik anak harus menjadi pertimbangan pertama jika seorang anak hendak diadopsi. Jika anak tidak dapat diasuh dengan layak di negara tempatnya lahir, adopsi di negara lain dapat dipertimbangkan. Pemerintah bertanggung jawab memastikan semua hak yang dicantumkan di dalam Konvensi dilindungi dan dipenuhi untuk tiap anak.

Membacakan dongeng pada anak dapat membuat anak lebih banyak mengingat kosa kata dan dapat membuat anak memiliki empati serta melatih emosi pada anak. Pada usia ini anak juga mulai bisa mengikuti perintah sehingga anda bisa mengajarkan untuk makan dari piringnya sendiri dan cuci tangan. Pendidikan perlu menyiapkan anak menjadi warga aktif di masyarakat bebas. Pemerintah harus membantu keluarga melindungi hak-hak anaknya dan menyediakan panduan sesuai tahapan usia agar tiap anak dapat belajar menggunakan haknya dan mewujudkan potensinya secara penuh.

Di dalam dunia kesehatan, terdapat dua istilah yang digunakan untuk menggambarkan anak yang mengalami kekurangan gizi yaitu stunting dan wasting. Stunting adalah kondisi di mana seorang anak memiliki tinggi badan yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya. Sedangkan wasting adalah kondisi di mana seorang anak memiliki berat badan yang jauh lebih rendah dibandingkan anak-anak lain seusianya.

Mereka juga akan lebih aktif untuk menopang dirinya agar bisa berdiri ataupun berguling di lantai. Karena itu, dalam tahap pertumbuhan anak harus selalu dipantau segala aktivitas mereka agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Anak juga perlu diajarkan mandiri di mana sebanyak mungkin melakukan kegiatan sendiri. Caranya, mulai membiasakan anak makan sendiri, tetapi ibu tetap di sampingnya. Mulai dari makan sendiri lalu hampir usia 6 tahun biarkan dia mangambil makan sendiri sesuai porsinya.

Selain makanan, susu bubuk terfortifikasi merupakan nutrisi tambahan yang dapat Bunda berikan untuk bantu lengkapi nutrisi harian anak usia 3 hingga 5 tahun. Setiap harinya, anak direkomendasikan untuk minum susu sebanyak 2-2½ gelas (453 gram – 567 gram). Begini, saat terserang infeksi karena kurang menjaga kebersihan, anak biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan.

Hak orangtua untuk membimbing anak mereka terkait hal-hal ini perlu dihargai. Pemerintah perlu memastikan bahwa anak bisa bertahan hidup dan tumbuh dengan sehat. Pada tahun 1989, pemerintah di seluruh dunia menjanjikan hak yang sama untuk semua anak dengan mengadopsi Konvensi PBB untuk Hak-Hak Anak. Konvensi ini mengatur hal apa saja yang harus dilakukan negara agar tiap-tiap anak dapat tumbuh sesehat mungkin, bersekolah, dilindungi, didengar pendapatnya, dan diperlakukan dengan adil. Di pusat kesehatan, rasakan kemudahan mencari informasi terkait masalah kesehatanmu, mulai dari artikel, cari rumah sakit terdekat dengan lokasimu, hingga konsultasi dengan dokter / pakar kesehatan. Selama ini kita sebagai orangtua masih menganggap anak sebagai harta yang tak ternilai harganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *