Ideas Dokter Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Di Masa Pandemi

Written by Nitra on February 18, 2021 in LIP with no comments.

Orangtua bisa memantaunya dengan bantuan dokter atau bisa pula mengikuti panduan dari buku Kesehatan Ibu dan Anak . Jika grafik pertumbuhan masih kurang, orangtua harus membantu agar anaknya mampu mengejar ketertinggalan. Tidak hanya memberikan asupan yang dibutuhkan anak, tapi Ibu juga harus menjadi penyemangat anak. Hal ini ternyata juga sangat penting, karena anak membutuhkan dukungan dari orang terdekatnya. Yakinkan ia untuk merasa nyaman dengan tubuhnya sendiri sehingga ia akan belajar mencintai dirinya sendiri dan merasa percaya diri.

Namun sejauh mana perkembangan dan kualitas perkembangan itu terjadi tergantung pada kualitas bawaan itu sendiri dan lingkungan yang mempengaruhi. Disamping individu memiliki faktor bawaan yang berhubungan dengan sifat-sifat kejasmanian dan temperamen, maka individu masih mempunyai sifat-sifat pembawaan yang berupa bakat . Bakat bukanlah merupakan satusatunya faktor yang dibawa individu sewaktu dilahirkan, melainkan hanya merupakan salah satu faktor saja. Bakat merupakan potensi yang berisi kemungkinan-kemungkinan untuk berkembang ke sesuatu arah. Bakat bukanlah sesuatu yang telah jadi, yang telah terbentuk pada waktu individu dilahirkan, tetapi baru merupakan potensi-potensi saja.

Sebagai orang tua perlu bekerja sama dengan guru untuk memastikan anak usia dini tetap mendapatkan stimulasi di rumah, terutama terkait keterampilan literasinya. Orang tua sebaiknya memiliki catatan khusus tentang perkembangan anak karena waktu pencapaian perkembangan motorik dan psychological setiap anak tidak akan sama persis. Berikan si kecil buah segar agar kebutuhan multivitamin dan mineral terpenuhi. Anda bisa mengelola buah agar lebih disukai si kecil misal dibuat menjadi jus buah-buahan dicampur susu.

Untuk memantau tumbuh kembang si kecil, GenBest perlu menimbang si kecil dan mengisi KMS setiap bulan. Jangan biarkan ini terus dilanjutkan karena akan merugikan orang tua, anak, bahkan orang-orang di sekitar. Masa depan anak menjadi bergantung pada keputusan kita saat ini untuk tidak mudah diperbudak oleh gadget. Contoh hidup sehat ialah sesederhana membiasakan anak untuk cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta tidak buang air besar sembarangan. Hal ini sebagai tindakan tidak langsung untuk mencegah anak menderita infeksi yang merupakan salah satu penyebab stunting.

Maka dari itu, kerja sama ibu dan ayah untuk tetap harmonis pun tak kalah penting dalam tumbuh kembang anak. Pemahaman pada setiap tahapan tumbuh kembang si Kecil memang diperlukan. Hal ini bisa didapatkan dari berbagai sumber, namun sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter anak kepercayaan Mums agar mendapat informasi yang lebih valid. Di samping itu, Mums juga dapat meminta rekomendasi kegiatan serta asupan makanan yang tepat pada dokter anak ini, sehingga setiap tahapan tumbuh kembangnya dapat berjalan optimum. Di dalam tubuh vitamin C digunakan untuk proses pembentukan dan perbaikan sel darah merah, tulang, dan jaringan di tubuh mereka. Vitamin C juga menjaga gusi anak tetap sehat dan membantu proses penyembuhan luka, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi, serta membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan.

Stimulasi dan nutrisi pada masa 1.000 hari pertama kehidupan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Studi ini menunjukkan SDD membuat otak anak menyusut hingga memengaruhi kemampuan mengatur rencana, organisir dan sebagainya. Selain terjadi pada anak, remaja dan orang dewasa juga menghadapi dampak negatif dari paparangadgetyang berlebihan. Namun, karena otak anak masih berkembang, maka dampaknya akan lebih buruk bagi anak-anak. Orang tua harus melakukan berbagai cara agar anak tidak terpapar oleh dampak negatifgadget.

Bagaimana cara agar tumbuh kembang anak menjadi baik

Kegiatan terbaik, satu di antaranya melatih sel-sel agar cerdas kembali, hingga dapat mencapai potensi fitrahnya melalui latihan jasmani khusus. Profesor Robert W Lovett dari Harvard Medical School adalah satu di antara tokoh yang mengajarkan penggunaan kecerdasan tubuh. Ketika anak mulai malas, anak hanya ingin melakukan kegiatan yang tidak harus berpindah atau bergerak misalnya bermaingadget. Agenda-agenda dalam kegiatan berorganisasi pun akan membuat fokus anak-anak teralihkan, dari yang hanya berdiam diri menjadi orang yang lebih produktif. Dokter anak ini harus bisa memberikan pertolongan medis yang sifatnya gawat darurat. Misalnya saja adalah anak mengalami sesak napas, sepsis, kejang dan juga bisa menentukan penanganan selanjutnya.

Terdapat four aspek dalam tahapan perkembangan anak, yaitu motorik kasar, motorik halus, berbahasa, dan kecerdasan. Ketiga hal tersebut meliputi stimulasi, nutrisi dan kasih sayang dari orangtua. Di usia 1 tahun ini, si Kecil bisa mulai dikenalkan dengan menu keluarga, Kong4D atau menu makanan yang sehari-hari dikonsumsi oleh Mum. Sehingga Mum tidak perlu lagi memasak makanan secara khusus untuk si Kecil. Berikan makanan-makanan tersebut dalam potongan-potongan kecil agar mudah dikunyah, ditelan, dan dicerna dengan baik olehnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *