Recreation Your Match, Aplikasi Besutan Tim Solusi Anak Bangsa Lolos Sebagai Finalis Resolution Challenge 2021

Written by Nitra on February 22, 2021 in LIP with no comments.

Selain sekolah melalui daring, ada alternatif kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan aktivitas fisik daripada anak sibuk dengan gawainya. Salah satu diantaranya yaitu menerapkan permainan tradisional bersama keluarga di rumah. Melalui metode belajar sambil bermain, peserta didik mampu belajar seiring dengan kegiatan bermain. Melalui permainan, siswa bisa memahami ide serta konsep baru dalam proses belajar mereka.

Selama kegiatan bermain, secara tidak langsung ada pengetahuan yang disampaikan dan dapat melatih si kecil untuk berpikir secara aktif. Namun, yang harus tetap diingat adalah materi yang disesuaikan dengan usia anak. Jangan memaksakan balita untuk menguasai materi yang seharusnya diajarkan pada anak usia Sekolah Dasar. Ada banyak sekali media dan sarana yang dapat membantu kita agar lebih mudah mempelajari bahasa Inggris.

Beberapa permainan yang memberikan permainan sambil belajar

Dengan pemberian nutrisi tambahan yang tepat, tumbuh kembang si Kecil menjadi lebih maksimal dan tentunya si Kecil menjadi lebih aktif dan kreatif dalam belajar sambil bermain. Berikan instruksi-instruksi pada si Kecil berupa petunjuk tempat atau benda di mana kotak harta karun terletak. Minta si Kecil untuk menemukan kotak tersebut berdasarkan petunjuk yang sudah Ibu berikan.

Kata-kata harus kata-kata yang biasa ditemui si kecil dalam kehidupan sehari-hari, bisa ditemui selama waktu bermain, atau waktu istirahat makan atau di sekolah. Minta si kecil menggambar sesuai kata yang Mampaps tuliskan di kertas. Misalnya, truk, mobil, bus, mainan, ayah, ibu, hujan, matahari, dll. Nah, itulah beberapa rekomendasi games untuk anak SD yang seru dan edukatif.

Anak usia dini mulai suka bergaul dan bermain dengan teman sebayanya. Ia mulai belajar berbagi, mau menunggu giliran, dan mengalah terhadap temannya. Ia mulai belajar bagaimana caranya agar ia bisa diterima lingkungan sekitarnya. Dalam hal ini anak mulai belajar untuk berperilaku sesuai tuntutan dari lingkungan sosialnya karena ia mulai merasa membutuhkan orang lain dalam kehidupannya.

Karena ia tak langsung pulang ke rumah selepas lonceng pulang berbunyi. “Di masa yang sulit ini, rasanya semakin susah untuk beraktivitas di luar rumah. Yang tadinya dapat berolahraga dan jogging diluar sekarang pun menjadi terbatas juga.

Selain itu Si Kecil juga bisa belajar lebih banyak pengetahuan tentang tumbuhan. Ketangkasan dan koordinasi juga salah satu manfaat yang bisa didapat dari permainan tradisional. Beberapa permainan menuntut anak untuk berlari, menghindar dengan sigap, serta saling berkoordinasi untuk mencapai titik finish Situs Judi Slot atau suatu tujuan tertentu.

Game ini diperuntukan untuk anak usia 2-5 tahun yang dirancang secara interaktif disertai juga permainan menarik yang tidak membuat anak bosan. Website PBS KIDS dikemas dengan permainan yang menyenangkan, edukatif dan kreatif yang membangun pengetahuan, rasa ingin tahu, berpikir kritis, dan imajinasi. Permainan ini membantu anak-anak prasekolah dan usia sekolah dengan perkembangan fisik, sosial, kognitif, dan emosional anak usia dini mereka. Mengutip ANTARA, Vera mengatakan agar orang tua memberikan proporsi yang seimbang antara permainan virtual dengan permainan yang melibatkan fisik. Permainan fisik bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan koordinasi motorik kasar anak, seperti berlari, melompat, memanjat, mengayuh, dan lain-lain. Untuk kemampuan koordinasi motorik halus, anak-anak bisa diajak membuat prakarya atau konstruksi bangunan mereka sendiri.

Hasilnya pun menjanjikan, aplikasi sudah dapat beroperasi secara sederhana. Ia mengalami kesulitan saat tahap tes Hackathon (perlombaan membuat aplikasi dalam waktu singkat-seperti maraton tapi untuk pemrograman). “Hadiahnya lumayan, untuk keperluan sekolah, jadi saya bisa membantu keluarga,” terang Zetta. Sedangkan Ester Yuliani, ibu Zetta, membuka jasa laundry kecil-kecilan di rumahnya. Tak jarang, Zetta sebagai anak sulung diminta bantuan tenaga oleh kedua orang tuanya untuk menyambung besi dan mencuci baju.

Mempelajari keterampilan motorik mulai dari berguling, merangkak, duduk, berdiri, dan berjalan. Anak usia dini senang dan kaya dengan fantasi, artinya anak senang berimajinatif. Setiap anak bersifat unik, tidak ada dua anak kembar sekalipun yang sama. Setiap anak terlahir dengan potensi yang berbeda-beda, memiliki kelebihan, bakat dan minat sendiri. Untuk memberikan pengalaman baru pada anak-anak; berikanl waktu khusus dengan mengajaknya ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjunginya, seperti museum, kebun binatang dan taman rekreasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *